19 November 2021

Reformasi birokrasi berpengaruh penting dalam menciptakan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Biroraksi Bersih/Melayani (WBBM) di lingkungan pemerintahan. Sosok agen perubahan atau agent of change sangat diperlukan untuk membangun ZI dan menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih, pelayanan publik optimal, kapasitas dan birokrasi yang akuntabel, serta profesionalisme SDM Aparatur. Peran agen perubahan ini sangat penting sebagai roda penggerak perubahan dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi. 

 

Tahun 2021:

Agen Perubahan di Fakultas Teknik Universitas Andalas dipilih berdasarkan SK Dekan FT No.64/UN16.09.D/XIII/KPT/2021

No

Nama AP

Rencana Kegiatan

Laporan

1

Dr. Eng. Eka Satria

Rencana Kegiatan

Laporan Pelaksanaan

 

30 Agustus 2021

Hasil penilaian dari tim auditor itjen kemendikbud dikti yang dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Andalas diumumkan oleh dirjen kemendikbud dikti melalui surat No. 0469/E/OT. 01.03/2021 tertanggal 2 Agustus 2021 yang menyatakan Fakultas Teknik Unand ditunjuk sebagai salah satu unit yang diusulkan dalam Zona Integritas WBK dan WBBM Tahun 2021  

Download :

Penyampaian Hasil Penilaian Internal Zona Integritas

 

27 Oktober 2021

Berdasarkan SK Dekan No.316/UN16.09.D/XIII/KPT/2021 dibentuklah Tim Auditor Internal Pembangunan Zona Integritas Fakultas Teknik Universitas Andalas dengan tugas :

  1. Melaksanakan Penilaian (Audit) terhadap perkembangan pembangunan Zona Integritas Fakultas Teknik Unand, sebanyak 6 kali dalam setahun.
  2. Berkoordinasi dengan ketua dan koordinator pilar Zona Integritas untuk mencarikan solusi terhadap seluruh ketidaksesuaian yang ditemukan dalam penilaian.
  3. Melaporkan pelaksanaan tugas sebagai Tim Auditor Internal pembangunan Zona Integritas Fakultas Teknik ke Dekan Fakultas Teknik Unand.

Tim Auditor Internal Pembangunan ZI Fakultas Teknik Unand :

  1. Koordinator : Dr.-Ing. Jhon Malta
  2. Wakil Koordinator : Dr.Eng. Desto Jumeno
  3. Anggota : Syafii, Ph.D
  4. Anggota : Elsa Eka Putri, Ph.D
  5. Anggota : Yenni Ruslinda, MT

Download : SK Dekan No.316/UN16.09.D/XIII/KPT/2021

 

08 Oktober 2021

Bank Mandiri membantu pelatihan budaya pelayanan prima untuk seluruh Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Andalas. Kegiatan ini diadakan secara online pada hari jumat, tanggal 8 Oktober 2021. Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber Bpk Jecky Novrianza dari Service Quality Bank Mandiri, Region II/ Sumatera.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik menyampaikan bahwa budaya pelayanan prima merupakan suatu hal yang penting yang harus dimiliki seluruh tenaga kependidikan Fakultas Teknik agar seluruh pelayanan yang diberikan dapat ditingkatkan dn memuaskan bagi seluruh stakeholder yang membutuhkan. Terlebih Fakultas Teknik Universitas Andalas telah disiapkan oleh Universitas sebagai pilot project program pembangunan zona integritas di Universitas Andalas.

Pada kegiatan pelatihan, Bapak Jecky Novrianza sebagai narasumber memaparkan berbagai informasi dan teknik-teknik dalam pelayanan prima yang diterapkan di Bank Mandiri yang menjadikan Bank Mandiri sebagai bank yang telah berhasil memenangkan BBSE selama 10 kali berturut-turut (Best Bank Service Excellence 2008-2017)

Turut hadir dalam acara pelatihan ini, ibu Hindira Mizain sebagai kepala cabang Bank Mandiri Universitas Andalas Padang, yang selalu berkomitmen dalam membantu Fakultas Teknik kedepannya. Mudah-mudahan kerjasama ini terus terjadi dengan baik.       

Acara ini menyediakan sertifikat kehadiran bagi seluruh peserta.